Sensor Cahaya LDR (Light Dependent Resistor) dan Fotodioda

Sensor cahaya LDR dan fotodioda merupakan salah satu sensor yang sering dijumpai pada perangkat elektronika. Biasanya sensor tersebut digunakan untuk suatu aplikasi sebagai saklar cahaya berdasarkan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor.

Pada LDR perubahan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor tersebut akan mengakibatkan perubahan resistansi / hambatan (ohm) pada komponen tersebut sehingga semakin besar intensitas cahaya makan semakin kecil resistansi atau hambatan yang diberikan oleh sensor LDR sebaliknya semakin kecil intensitas cahaya yang diberikan maka resistansi atau hambatan yang diberikan oleh LDR semakin besar.

LDR
Gambar sensor LDR ukuran besar dan kecil

Sensor LDR tergolong sensor yang pasif sehingga memerlukan suatu rangkaian khusus untuk dapat dipergunakan pada suatu aplikasi tertentu seperti rangkaian pembagi tegangan menggunakan resistor. Pada rangkaian pembagi tegangan tersebut sensor LDR dipasang seperti resistor yang digunakan untuk membagi tegangan, akan tetapi untuk sensor LDR nilai tahanannya dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya akibatnya nilai tegangan pada hasil keluaran rangkaian pembagi tegangan tersebut juga akan berubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya.

Rangkaian LDR
Rangkaian pembagi tegangan menggunakan LDR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s